• Andre

APAKAH SISTEM ERP COCOK UNTUK PERUSAHAAN KECIL?

Updated: Jul 12, 2019


Apakah penerapan system ERP sebanding dengan waktu dan biaya yang Anda keluarkan? Pertanyaan ini sering muncul dalam pikiran pemilik bisnis kecil dan menengah. Banyak sekali manfaat implementasi dari sistem ERP, salah satunya adalah membantu menaikan kinerja dan efisiensi dalam operasional bisnis. Sayangnya beberapa perusahaan menilai bahwa mereka “terlalu kecil” untuk menerapkan system ERP.


KETAHUI APAKAH BISNISMU MEMBUTUHKAN ERP


Setiap perusahaan akan menghadapi tantangan tersendiri, maka penting untuk dapat mengetahui apakah anda harus menerapkan system ERP atau tidak. Beberapa kondisi berikut merupakan gambaran tantangan yang sering dihadapi sebuah perusahaan :

  1. Pegawai Anda membuang banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang dapat disederhanakan.

  2. Anda tidak dapat mengakses data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan.

  3. Bisnis Anda memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga dan vendor.

  4. Bisnis Anda memakai banyak sotware dan tools namun tidak saling terkoneksi.

  5. Anda tidak tahu tingkat inventaris harian Anda.

  6. Anda membuang banyak waktu mencari informasi, menaikan efisiensi dan produktivitas dan mengintegrasikan perangkat untuk diukur.

  7. Divisi yang berbeda di perusahaan Anda tidak bisa berbagi informasi atau berkolaborasi satu sama lain.

  8. Sulit untuk mengakses informasi dan data penting dalam sekali waktu.

Jika Anda mendapatkan sebagian besar kondisi pada daftar diatas, kemungkinan Anda perlu mulai mengevaluasi penyedia perangkat lunak ERP dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM ERP


Apa saja keuntungan jika mengimplementasikan sistem ERP :

  1. Scalable Production (Produksi yang terukur), Manfaat paling penting dari ERP adalah tingkat skalabilitas yang tinggi bagi usaha kecil. Perusahaan yang masih memakai proses manual dalam memenuhi pesanan akan kesusahan mengelola situasi jika terjadi kenaikan permintaan. Mereka tidak akan bisa menghandel volume yang lebih besar dari pada biasanya. Meskipun kenaikan volume yang cukup besar pasti akan menyebabkan masalah bagi bisnis kecil, sistem ERP mampu meminimalkan dampak secara signifikan. Hal ini dapat membuat staf Anda fokus ke pekerjaan lain tanpa harus terbebani dengan peningkatan volume yang terjadi.

  2. Mengambil keputusan yang lebih cepat, Sistem ERP menyediakan data real-time yang dapat digunakan dalam pemasaran, warehouse, maupun akuntansi yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan penting. Dengan ERP, perusahaan dapat mengetahui titik masalah yang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas. Setelah Anda menerima laporan operasi bisnis yang lengkap, Anda dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat berdasarkan informasi yang di dapat dan memberikan respon yang lebih cepat terhadap siklus bisnis Anda.

  3. Dapat diakses dimana saja, Beberapa vendor ERP menyediakan aplikasi seluler untuk perangkat iOS, Android, dan Windows dengan system update secara realtime, seperti akuisi pelanggan, output manufaktur, penjualan, pendapatan. Tidak mengherankan, 60 persen bisnis berskala kecil dan menengah akan memilih system ERP berbasis cloud pada tahun 2020. Hal ini akan semakin meningkat karena banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan teknologi mobile. Generasi saat ini mencari jaringan aplikasi yang terhubung dengan pengelolaan yang mudah melalui smartphone dan tablet, mereka lebih mencari vendor ERP yang menawarkan aplikasi yang terintegrasi dengan perangkat lunak lain.

  4. Mengurangi biaya, Keberhasilan perusahaan dalam menerapkan sistem ERP akan memangkas biaya administrasi dalam bisnis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dengan sistem ERP semua proses bisnis dilakukan secara otomatis, sehingga karyawan bisa mengerjakan perkerjaan lain. Karyawan tidak harus melakukan semua proses secara manual, karena sudah dicover oleh sistem ERP. Sistem ERP membantu meramalkan permintaan untuk material tertentu, suplai real-time, dan mengurangi kelebihan stok. Setiap pemilik usaha kecil menyadari bahwa setelah manajemen rantai pasokan berjalan lancar, seluruh perusahaan akan merasakan manfaatnya.

  5. Transparansi, Dengan menggunakan sistem ERP setiap divisi tidak lagi memiliki sistem yang terpisah. Semua data yang relevan dapat dibagikan dan kemudian diakses hanya dalam beberapa klik saja. Hal ini mengurangi kesalahan input data sehingga produktivitas bisnis semakin meningkat dan biaya SDM menurun.

Salah satu system ERP yang cocok untuk bisnis kecil - menengah adalah Dynamics 365 Business Central dari Microsoft. Produk ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan kecil -menengah di dunia.


Kami Kreatif Dinamika dapat membantu Anda untuk menjelaskan dan mempresentasikan keunggulan dari Dynamics 365 Business Central


`



83 views
PT. Kreatif Dinamika Integrasi

Setiabudi 2 Building, 5th Floor 504 A

Jl. HR. Rasuna Said Kav. 62, Kuningan

Jakarta 12920, Indonesia

Contact Us
Customer Support : +62 21 5290 5797

Follow Us
  • Facebook - Black Circle
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle
Product
Solution
Support

Troubleshooting

System Expansion

Service Implementation

Education

Call Center

Copyright © 2017 Kreatif. All rights reserved. | Privacy Policy | Terms of Use